Arti Lambang Pemerintah Kabupaten Bekasi


https://logokabupaten.files.wordpress.com/2014/06/logo-kabupaten-bekasi.jpeg?w=620

SWATANTRA WIBAWA MUKTI
-         SWATANTRA      : artinya Daerah yang dapat mengurus rumah tangganya sendiri.
-         WIBAWA             : artinya Pengaruh.
-         MUKTI                : artinya Jaya dan Makmur.

Jadi SWATANTRA WIBAWA MUKTI artinya suatu daerah yang dapat mengurus rumah tangganya sendiri dan memiliki pengaruh serta Jaya dan Makmur.

Bentuk Lambang Kabupaten Bekasi, dibagi menjadi 3 yaitu:

Bagian Atas yang berwarna HIJAU melambangkan daerah Bekasi yang subur. Kesuburan itu dilambangkan dengan 2 untai hasil bumi, sebelah kanan untaian Padi yang berwarna Emas berjumlah 17 Butir, sebelah kiri Buah-buahan, palawija dan sayur-sayuran yang berjumlah 8 butir. berarti hari kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus. Golok melambangkan Rakyat Kabupaten Bekasi, gagang yang berwarna hitam melambangkan ketahanan yang kuat dan punggung Golok melabangkan kesucian, serta Golok merupakan Senjata Khas dari Kabupaten Bekasi.

Bagian Bawah Arti dua Garis Hitam Perintah Kabupaten Bekasi yang terdiri dari dua badan pemerintah yaitu Legislatif dan Yudikatif. Arti banyaknya batu bata merah yang melambangkan banyaknya Kecamatan dan Desa/Dusun di Daerah Kab. Bekasi.

Bagian Bawah Terdiri dari 6 buah Gelombang yang bergejolak yang berarti semangat perjuangan yang tiada henti, 6 gelombang tersebut melambang Kabupaten Bekasi yang mengalami 6 Zaman keturunan yaitu:
1.      Zaman Tarumanegara.
2.      Zaman Pajajaran.
3.      Zaman Jayakarta.
4.      Zaman Pemerintah Belanda.
5.      Zaman Pemerintah Jepang.
6.      Zaman sekarang atau Merdeka.

Dari sisi bentuk Lambang Pemerintah Kabupaten Bekasi yaitu Perisai yang  melambangkan pertahanan dan sejarah perjuangan Rakyat Kabupaten Bekasi yang di dalam menentang Kolonialisme dan Kapitalisme tak pernah berhenti sebagaimana dilakukan di Daerah lain.

0 komentar: